http://rahasia-sedekah.blogspot.com/
Tentang Dahsyatnya Sedekah
Oleh: Ahmad Shaleh Amin

Sedekah tidaklah selalu identik dengan harta , bahkan dengan senyuman yang tulus , motivasi penyemangat seseorang serta menjauhkan duri atau sesua-tu yang berbahaya buat orang lain di jalan pun termasuk sedekah , bahkan lebih baik dari sedekah harta yang disedekahkan dengan riya'.

Sedekah memiliki kedahsyatan bagi kehidupan manusia dunia akhirat seperti :
1 . menyembuhkan penyakit .
2 . menghindarkan dari murka Allah atau menghindarkan dari bala .
3 . menjadi perisai dari api neraka .
4 . sebagai tabungan kita yang sesunggguhnya dan menjadi sahabat kita di alam kubur.
5 . selalu mendapat keberkahan hidup di setiap pagi karena didoakan oleh malaikat .

Dan ada dua hal yang bisa menghanguskan pahala sedekah,yaitu :
1 . mengungkit-ungkit sedekah
2 . menyakiti perasaan si penerima

Semoga kita semua termasuk hamba hamba Allah swt yang mutashaddiqin, yaitu orang-orang yang mengharap ridho Allah dari amal sedekah yang kita lakukan , baik dalam keadaan susah ataupun senang , karena orang-orang yang bersedekah dalam dua hal ini adalah mereka yang benar-benar teguh keimanannya .

Karena sebaik-baik sedekah kata Rasululullah saw yaitu sedekah yang kita keluarkan dalam waktu sempit dan sedekah yang kita keluarkan kala kita sehat . dan semoga kita semua selamat dari hari yang dimana tidak ada lagi jual beli dan tawar menawar, hari dimana tak lagi bermanfaat harta dan anak-anak kita , semuanya sibuk mempertanggung jawabkan amal perbuatan masing-masing yang telah kita kerjakan di dunia . Wallahu „alam !

Harta ibarat sebuah pohon yg lebat , dan pohon yang lebat akan menutupi keindahan buahnya, dan pohon yang lebat akan membuat sua-sana sekelilingnya terlihat anker dan menakutkan, seperti itulah harta , makin banyak makin tak terlihat buah dari harta itu ,maka untuk memperindah pohon yang rindang sepatutnya harus dipangkas dan dirapikan agar terlihat rapi dan buahnya makin menonjol keluar seakan berlomba memperlihatkan kesegarannya, dan pemangkas harta itu sendiri adalah sedekah.

Sedekah berasal dari kata bahasa Arab shadaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharap ridho Allah SWT dan pahala semata. Sedekah dalam pengertian di atas oleh para fuqaha(ahli fikih) disebuh sadaqah attatawwu' (sedekah secara spontan dan sukarela).

1. Meredupkan murka Allah, Sebagaimana dalam hadits:

Artinya : sesungguhnya sedekah
yang dikeluarkan secara sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan orang lain dapat memadamkan kemurkaan Allah .

2. Selalu didoakan oleh malaikat di setiap pagi, Sebagaimana dalam hadits :

Artinya : tidaklah dalam setiap pagi hari seorag hamba kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa salah satu dari keduanya : Ya Allah berikanlah orang-orang yang bersedekah ganti yang lebih baik dari apa yang mereka sedekahkan . HR.muttafaqun 'alaih

3. Harta yang kita sedekahkan adalah harta kita yang sesungguhnya, sebagaimana dalam hadits:
“Suatu yang mengikuti mayat ada tiga, dua kembali pulang, dan satu ikut bersamanya”

“Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan”. [Qs: Ad-Dhuhaa : 11]

Sedekah termasuk amalan yang akan menemani kita di alam kubur, dan dialah harta kita yang sesungguhnya yang akan kita miliki sepanjang masa , adapun harta yang kita tinggal di dunia bukanlah milik kita, bahkan sama sekali tidak bisa memberi apa-apa lagi di kemudian hari .

4.Sedekah adalah amal jariyah yang senantiasa mengalir pahalanya meskipun kita sudah tiada .
Nabi bersabda :

Apabila seorang anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali karena tiga hal,
1. Shadaqah jariyah,
2. Ilmu yang bermanfaat, atau
3. Anak shaleh yang mendoakannyaHR Muslim

5.Sebagai perisai dari api neraka, Sebagaimana dalam hadits :

Artinya : lindungilah diri kalian dari api neraka walaupun hanya dengan sebiji kurma

Sedekah pun memiliki syarat diterimanya sedekah itu dan bahkan bisa menghapus semua pahala sedekah kita yang pernah kita keluarkan kalau keluar dari syarat tersebut, adapun syaratnya ada dua :

1 . Jangan menyebut nyebut sedekah yang sudah kita keluarkan
2 . Jangan menyakiti perasaan orang yang kita sedekahi dengan mengungkit sedekah kita.

Sedekah berarti membelanjakan atau mengeluarkan sebagian harta yang kita miliki baik secara sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan oaring lain ataupun dengan terang-terangan , tapi sesungguhnya yang sedekah secara rahasia itu lebih baik dan lebih selamat karena yang terang-terangan terkadang membuat orang yang bersedekah tergelincir ke dalam lubang riya‟ sehingga menghilangkan segala amal sedekahnya .

“Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan”. [Qs: Ad-Dhuhaa : 11]

0 comments Blogger 0 Facebook

Post a Comment

 
Rahasia Sedekah © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top