http://rahasia-sedekah.blogspot.com/
Hukum Memberikan Sedekah untuk Orang Kafir

Sebuah penjelasan tentang Hukum Memberikan Sedekah untuk Orang Kafir yang saya referensikan dari sebuah konsultasi dalam sebuah situs, semoga wawasan ini mempertajam pemahaman anda mengenai sedekah.
Pertanyaan:

Assalamu’alaikum. Saya mau bertanya lagi. Bolehkah bersedekah kepada orang yang bukan beragama Islam? Ini adalah pertanyaan teman saya.

Jawaban:

Wa'alaikumussalam warahmatullah.

Bersedekah kepada orang kafir, ada dua kondisi:

Pertama: Jika yang dimaksud dengan sedekah di sini adalah sedekah wajib, seperti zakat, maka ini tidak boleh diberikan kepada kaum kafir.

Kecuali jika orang kafir itu adalah termasuk golongan orang yang diharapkan keislamannya (muallaf). Orang seperti ini boleh diberikan zakat agar semakin bertambah kuat keinginannya untuk masuk ke dalam Islam. Dalilnya adalah firman Allah ta’ala:

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan oleh Allah, dan Allah itu ‘Alim (Maha mengetahui) lagi Hakim (Maha Bijaksana).” [QS At Taubah: 60]

Kedua: Jika yang dimaksud di sini adalah sedekah sunat, seperti hadiah dan hibah, maka ini diperbolehkan, baik kafir dzimmi atau kafir harbi, menurut pendapat mazhab Hambali dan yang masyhur dari kalangan Syafi'iah.

Dalilnya adalah firman Allah ta’ala:

“Allah tidak melarang kalian untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangi kalian karena agama dan tidak (pula) mengusir kalian dari negeri kalian. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.”
[QS Al Mumtahanah: 8]

Dalilnya lainnya adalah keumuman firman Allah ta'ala:

“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan tawanan.
” [QS Al Insan: 8]

Tawanan pada masa Nabi  Muhammad SAW tidak lain dan tidak bukan adalah kaum kafir.

Dalil lainnya adalah keumuman hadits Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, bahwasanya Nabi SAW bersabda:

“(Perbuatan baik) terhadap setiap hati yang basah (makhluk hidup) ada pahalanya.” [HR Al Bukhari (2363) dan Muslim (2244)].

Di antara bentuk perbuatan baik adalah bersedekah sunat, dan setiap makhluk yang memiliki hati termasuk di dalamnya orang kafir.

Dalil lainnya adalah hadits Asma` bintu Abi Bakr radhiallahu 'anha, dia berkata tentang ibundanya yang kafir:

“Ibuku datang kepadaku, dan dia adalah seorang musyrik, pada masa Rasulullah SAW . Lantas aku meminta fatwa kepada Rasulullah SAW : "(Ibuku datang kepadaku) dan dia sangat ingin (bertemu denganku). Bolehkah aku menyambung silaturahmi dengan ibuku?" Nabi menjawab: "Ya boleh. Sambunglah silaturahmi dengan ibumu.” [HR Al Bukhari (2620) dan Muslim (1003)]

Di antara bentuk menyambung tali silaturahmi adalah dengan memberikan hadiah dan sedekah sunat.

PERHATIAN!

Bolehnya memberikan sedekah sunat kepada orang kafir harus dilakukan dalam rangka kebaikan ataupun menarik minat dia untuk masuk Islam. Ataupun jika si kafir tersebut adalah orang tua atau kerabat, sedekah sunat diberikan dengan niat berbakti dan menyambung tali silaturahmi.

Adapun memberikan sedekah sunat kepada orang kafir, baik hadiah ataupun hibah, dengan tujuan untuk berkasih sayang, memperkuat loyalitas (kesetiaan), dan mencintai terhadap mereka, maka ini harus dihindari. Dalilnya adalah firman Allah ta'ala:

“Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun mereka itu adalah bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, ataupun keluarga mereka.” [QS Al Mujadilah: 22]

Silakan melihat pembahasan tentang hukum berloyalitas kepada orang kafir di tautan ini. Demikian jawaban atas pertanyaan anda yang kami sarikan dari berbagai sumber fatwa. Wallahu a'lam.

Sumber: http://dakwahquransunnah.blogspot.com

0 comments Blogger 0 Facebook

Post a Comment

 
Rahasia Sedekah © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top