sedekah
Waspada! Selebaran “Sedekah Berantai” Mencatut Ustadz Yusuf Mansur Beredar Lagi

Modus penipuan dengan investasi sedekah yang mengatasnamakan Ust. Yusuf Manshur sudah sering terjadi. Waspadalah dengan Selebaran gelap “sedekah berantai” yang dengan kebohongannya membawa nama dai kondang Ustadz Yusuf . Selebaran bermodus “Program Investasi Sedekah” ini sudah banyak diedarkan di mana-mana, mulai dari pasar, lampu merah ke rumah-rumah atau di masjid-masjid

Saat itu awak media ini sedang mengendarai sepeda motor dari Depok, Jawa Barat, menuju arah Kalibata, Jakarta Selatan. Setelah menerima selebaran yang dibagikan seorang pria berbaju putih dan celana gelap itu, awalnya kami tidak menaruh curiga.

Lalu lintas saat itu padat merayap, tidak memungkinkan untuk berhenti apalagi membaca. Beberapa lama kemudian, setelah memutar balik menuju Jalan Rawajati Timur, awak media ini berhenti di pertigaan sebelum rel kereta untuk mencermati selebaran yang distaples itu. Rupanya selebaran ini berisi tawaran investasi bersedekah. Dari tampilannya saja, bundel ini sudah tidak meyakinkan. Isinya 9 lembar, semua fotocopy-an hitam-putih di atas kertas HVS.

“7 (Tujuh) Langkah Meraih Rizqi Melimpah dan Halal Insya Allah Sukses!” bunyi judul besar selebaran yang juga bermodus “Program Untuk Umat” itu.

Begitu mengetahui selebaran gelap ini bermodus penipuan, sebagaimana yang marak terjadi selama ini, hidayatullah.com langsung balik arah mencoba mengejar pengedarnya. Sayang, orang tersebut sudah hilang tak berbekas. Mungkin selebaran yang dia bawa sudah habis. Sebelumnya saat mengedar ke para pengendara khususnya sepeda motor, tampak dia membawa puluhan berkas serupa.

Modus Penipuan


Dugaan modus penipuan terlihat jelas dalam selebaran ini. Di bawah judul besarnya, terdapat foto Yusuf Manshur berpeci dan berkaca mata yang gambarnya agak kabur.

Di bawah foto itu, terdapat tulisan, “Oleh Ust. Yusuf Mansur. Lahir di Jakarta, 19 Desember 1976. Dari Keluarga Betawi Pasangan Abdurrahman Mimbar & Humiripah. Lulusan Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol, Jakarta Barat. Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Qur’an Bulak Santri, Cipondoh Tangerang.”

Dilanjutkan dengan tulisan, “Keajaiban Sedekah/Memberi Dengan Ikhlas. PROGRAM INVESTASI SEDEKAH dijalankan dengan ikhlas dan jujur. Yakinlah Anda akan memperoleh hasil dari sedekah Anda tersebut…. GRATIS!!! Ambil Satu Bundel.”

Selain mencatut nama dan foto Yusuf Mansur, logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga dicatut pada halaman keduanya. Di atas logo MUI, terlihat jelas tulisan “MERAIH REJEKI LEWAT INFAQ & SEDEKAH DENGAN IKHLAS DAN JUJUR”.

Di bawah logo, dilampirkan tiga dalil al-Qur’an dan Hadits tentang keutamaan sedekah. Juga terdapat seruan bersedekah dan khasiatnya.

Dari halaman 2-4, berisi testimoni dari orang-orang yang diklaim sukses dengan “sedekah berantai” ini. Dilengkapi kisah nyata yang diklaim mereka alami. Di header dan footer halaman, terdapat tulisan 8milyar.blogspot.com.

Pada halaman 5-6, dimuat 7 langkah yang diperlukan oleh orang yang berminat mengikuti program tersebut. Langkah-langkah itu antara lain, peserta harus memiliki tabungan dan kartu ATM bank apa saja.

Langkah selanjutnya, tulis selebaran itu, peserta diminta mentransfer uang ke-4 (empat) nomor rekening yang tertulis di halaman KOLOM INVESTOR BARU, masing-masing Rp 20.000. Langkah selanjutnya, selebaran itu harus di-fotocopy dan disebarkan di tempat tempat umum.

“Perhatikan, Anda sudah disediakan satu halaman kosong (di lembaran terakhir), KOLOM BUKTI TRANSFER dan KOLOM INVESTOR BARU,” bunyi langkah selanjutnya.

Dalam selebaran ini, peserta diiming-imingi uang yang bernilai miliaran rupiah. Tak tanggung-tanggung, selama 4 pekan peserta dijanjikan mendapat uang tunai Rp 7.812.500.000.

Masyarakat harus waspada jika melihat selebaran seperti ini, yang jelas ini adalah sebuah penipuan. Ini merupakan upaya oknum tertentu yang ingin mencari keuntungan dengan cara penipuan, atau bisa jadi ini ulah para musuh-musuh Islam untuk menghancurkan Islam dan nama baik Ustadz Yusuf Manshur.

Sumber:http://hidayatullah.com

0 comments Blogger 0 Facebook

Post a Comment

 
Rahasia Sedekah © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top