Sedekah Murah Namun Manfaatnya Untuk Seluruh Umat Islam

Ini adalah salah satu sedekah yang sering diabaikan oleh kaum muslimin, mungkin sebagian pembaca juga ada yang demikian, jangan-jangan salah satunya Anda.. Hey..hey.. hanya bergurau saja :-). Seperti yang telah kita ketahui bahwa sedekah sangat banyak jenisnya mulai dari yang berbentuk harta, bisa juga tenaga, menyenangkan orang, mempermudah urusan orang, memberikan nasehat, mengajar tanpa mengharap imbalan, bisa juga sedekah fasilitas, sedekah jasa, tempat, ide, sarana umum, dan lain-lain. Terangnya semua hal yang kita berikan dengan ikhlas untuk semua makhluk baik keluarga, tetangga,  karyawan, umat, negara bahkan pada binatangpun merupakan sedekah. Itu seperti yang telah disabdakan  oleh Rosululloh SAW:

كُلُّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ
"Setiap kebaikan adalah sedekah"
  • Orang yang memiliki kelapangan harta bisa bersedekah dengan menginfaqkan hartanya demi pembangunan masjid, pembangunan sekolah, membangun jalan, membiayai anak belajar, mencukupi kebutuhan fakir miskin, dll.
  • Seorang Da'i memiliki sedekah yang luas karena dia bersedekah dengan ceramah atau nasehat kepada masyarakat luas. 
  • Seorang Inovator/penemu bisa bersedekah melalui kreatifitasnya dengan menciptakan alat yang dapat mempermudah pekerjaan umat manusia. 
  • Seorang penulis bisa juga memperoleh pahala sedekah dengan berbagi ilmu kepada para pembacanya. 
  • Blogger yang baik dan tulus juga bisa memperoleh pahala sedekah dengan berbagi ilmu, tips, panduan atau tutorial kepada para pengunjungnya.

Dalam kesempatan yang indah ini saya akan berbagi pengetahuan dari pelajaran yang telah saya peroleh, bagi yang sudah tahu tak masalah karena ini akan menguatkan ingatan dan keyakinan Anda. 

Ikhwan yang budiman, yang saya maksud ini adalah sedekah tanpa modal harta sepeserpun, cukup dengan lisan/mulut, bahkan bisa juga dengan fikiran atau dengan hati namun manfaatnya sangat luas. Dengan sedekah macam ini semua kalangan bisa melakukannya; baik yang miskin, yang sakit, ataupun yang cacat, asalkan masih memiliki kesadaran dan akal yang sehat. Lalu sedekahnya seperti apa? Sedekah yang dimaksud adalah memohonkan ampun atau mendoakan seluruh umat muslim baik yang masih hidup atau yang telah mati. Dengan demikian Anda bisa bersedekah kepada seluruh kaum muslimin di berbagai belahan dunia (LUARR BIASA).

Lalu caranya sedekah tersebut seperti apa? Sebagai contoh, Anda bisa beristighfar kepada Allah memohonkan ampun buat orangtua kita dan juga seluruh umat sebagaimana dalam kalimah istighfar berikut:


ASTAGHFIRULLOOHAL  'ADZIIM  LII  WA  LIWAALIDAYYA  WA  LIJAMII'IL MU'MINIINA WALMU'MINAATI  WAL  MUSLIMIINA  WAL  MUSLIMAATI AL AHYAAI  MINHUM  WAL AMWAAT

yang artinya:

" Aku mohon pengampunan dosa kepada Allah yang Maha Besar untukku, untuk kedua orangtuaku, untuk seluruh orang beriman laki-laki dan perempuan, dan untuk seluruh orang Islam laki-laki dan perempuan baik yang masih hidup ataupun yang telah mati."

Perhatikan terjemah istighfar di atas, dalam kalimahnya terdapat permohonan ampun yang sangat luas; yakni buat seluruh kaum muslimin seluruh dunia baik yang hidup atau yang telah meninggal dunia, bukankah ini sangat luar biasa? Itulah contoh sedekah yang ringan namun memiliki manfaat sangat luas.

Dan itu juga berlaku untuk seluruh doa atau istighfar lain yang susunan kalimahnya berbeda namun terdapat kata-kata yang doa/istighfarnya ditujukan buat seluruh kaum muslimin secara keseluruhan. Tentunya tanpa mengesampingkan sedekah yang lain juga, bagi yang memiliki harta lebih maka sedekah dengan harta sangat dianjurkan dan diperlukan, bagi orang-orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu sebaiknya mempergunakan anugerah dari Alloh yang ia miliki itu sebagai sedekah.

Marilah berbekal untuk kejayaan kita di alam baka, sebagian di antaranya dengan bersedekah. Meskipun sekecil apapun Allah pasti akan Membalasnya, lebih besar tentunya sangat lebih baik demi  memperbanyak pundi-pundi amal kebaikan. Dan yang perlu diingat dan juga sebagai penyemangat dalam melakukan sedekah, bahwa setiap sedekah itu memiliki manfaat yang banyak baik di dunia ataupun di akhirat.  Dengan sedekah, rejeki kita bisa diperlancar oleh Allah SWT, urusan dipermudah, diampuni dosa kita, dipanjangkan umur kita, disembuhkan sakit kita, diberikan keturunan, diberikan jodoh, dijauhkan dari musibah, dipermudah hafalan dalam belajar, diperbanyak kawan, dll.

Marilah kita bersedekah sesuai kemampuan yang kita miliki, meskipun cuma dengan senyuman pada  orang di sekitar kita itu adalah sedekah, meskipun cuma sekedar mengambilkan benda yang diminta teman itupun juga sedekah. Ingat, SEDEKAH...SEDEKAH...dan SEDEKAH...!!! :-D.


1 comments Blogger 1 Facebook

  1. amien ya robbal alamin,semoga kita selalu dalam lindungan alloh swt

    ReplyDelete

 
Rahasia Sedekah © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top