Sedekah Besar Tanpa Modal, Manfaat Untuk Umat
hikmah-sedekah
Bagi sebagian orang, bersedekah dengan uang dianggap lebih afdol ketimbang bersedekah dalam bentuk lain semisal tenaga, do'a, menyapa, tersenyum, gagasan dan semisalnya. Memasukkan uang sepuluh ribu kedalam kotak amal dianggap terasa lebih berbobot sedekahnya ketimbang menyapu halaman masjid. Atau memberikan uang lima ribu rupiah kepada pengemis akan lebih baik daripada tersenyum kepada tetangga kita sendiri. Tahukah Anda, jika sedekah tanpa uang bisa jadi nilainya lebih tinggi daripada sedekah dengan uang? Sedekah membersihkan tempat wudhu masjid akan jauh lebih bermanfaat daripada memasukkan uang sepuluh ribu ke dalam kotak amal sholat jumat, bukankah ini masuk akal?

Inilah buktinya.

Sudah dua bulan tempat wudhu di suatu masjid belum disikat. Lumut berkembang di hampir setiap sudut dan pernah membuat seorang jemaah jatuh karena licinnya lantai tersebut. Karena itulah, ketua DKM memutuskan untuk menyewa jasa cleaning service untuk membersihkan dan membuat tempat wudhu' kembali wangi. Tarif untuk membayar jasa tersebut lumayan besar, seratus ribu rupiah per meter persegi, dan itu sudah termasuk membersihkan toilet. Sehingga total masjid membayar jasa cleaning service lebih dari tujuh ratus ribu rupiah! Jumlah yang sangat besar, bukan? Sebenarnya, masjid tidak perlu mengeluarkan dana besar seandainya kita sendiri yang berinisiatif membersihkan tempat wudhu tersebut rutin seminggu dua kali. Namun, inilah yang terjadi di banyak beberapa masjid. Terkadang, kita merasa gengsi untuk turun tangan bekerja, dan menganggap bahwa sedekah uang merupakan bentuk afdol dari sedekah.



Islam memberikan kompensasi besar dari hal-hal kecil dari kebaikan yang kita lakukan untuk perubahan lebih baik. Kompensasi dari buah kebaikan itu bisa didapat di dunia langsung dalam bentuk kesehatan, pekerjaan yang baik, keselamatan di jalan, atau bahkan terhindar dari bencana. Sedangkan kompensasi lain akan kita dapatkan di akhirat, di hari dimana tidak ada yang bisa menyelamatkan kita kecuali amal kebaikan yang sudah kita perbuat di dunia.

Ada seribu satu macam hal-hal yang dianggap sepele namun memiliki nilai sedekah yang tinggi, bahkan jauh lebih bermanfaat dibanding sedekah dalam bentuk uang, bukan maksud saya merendahkan nilai sedekah uang. Bagi yang memiliki kelebihan harta tentunya sedekah uang sangat dianjurkan karena fakir miskin dan pembangunan masjid sangat menunggu bantuan dana dari mereka yang berharta, jika mencari-cari alasan masih ada pahala sedekah dalam bentuk yang lain karena demi menghindar dari anjuran sedekah harta maka jelaslah bahwa sikap demikian itu adalah tabiat orang yang kikir.



Sudahkah kita bersedekah dengan menanam kebaikan di sekitar kita hari ini?

Sumber: http://edukasi.kompasiana.com/2014/02/18/jangan-malu-sedekah-tanpa-uang-632767.html

1 comments Blogger 1 Facebook

  1. bener gan ada banyak cara untuk sedekah gan. bahkan tanpa harus dengan materi ,, hehe nice post
    mampir kmari gan http://sedekah-rombongan.blogspot.com/2014/12/anggap-aja-sedekah-sambil-kerja.html

    ReplyDelete

 
Rahasia Sedekah © 2013. All Rights Reserved. Share on Blogger Template Free Download. Powered by Blogger
Top